MASJID JOGOKARIYAN : Awal Ramadhan Kas Minus, Tapi Bisa Selenggarakan Acara Milyaran Rupiah

Kampoeng Ramadhan Masjid Jogokariyan

MASJID JOGOKARIYAN : Awal Ramadhan kas minus, tapi bisa selenggarakan acara Milyaran Rupiah

Hajatan Dakwah Ramadhan bagi Masjid Jogokariyan merupakan sesuatu yang sangat istimewa. Di tahun 2017 ini hajatan dakwah yang dikemas dalam bentuk Kampoeng Ramadhan Jogokariyan (KRJ) memasuki tahun yang ke-13.

Acara yg ini memang sengaja dikemas sangat unik dan padat kegiatan yang melibatkan ribuan orang. Hal ini berdasar fenomena sebelum tahun 2004, khususnya di kota Jogja fenomena dan syiar bulan Ramadhan hanya terasa di masjid-masjid saja, itupun hanya jelang berbuka atau sholat tarawih, sementara diluar Masjid tidak terasa Ramadhannya dan hanya seperti bulan-bulan biasa. 

Keprihatinan itulah yang memunculkan gagasan paket acara Kampoeng Ramadhan Jogokariyan. Konsep simpelnya adalah agar ruh dan syiar ber-Ramadhan tidak hanya di Masjidnya saja, tapi seluruh kampung dan rumah-rumah warga semuanya ber-Ramadhan. Alhamdulillah event dakwah ini bisa menginspirasi banyak Masjid untuk membuat event serupa untuk memeriahkan Ramadhan. 

Untuk tahun 2017 banyak kegiatan dan aksi yang dilakukan, dari menghadirkan tokoh dan ustad-ustad Nasional maupun Imam dari Palestina seperti KH. Bachtiar Nashir (GNPF MUI, sekjend MIUMI), Tuan Guru Bajang (Gubernur NTB), Syeikh Ibrahim Daud Palestina,  Ustad Zaitun Rasmin (wakil GNPF MUI), Ustad Ismail Yusanto (Jubir HTI), Ustad Fahri Hamzah (Wakil Ketua DPR RI), Prof. Dr. Amin Rais, MA., Ustad Fadhlan Garamatan (Dai Irian Jaya), Ustad Salim A. Fillah, Ustad Irfan S. Awwas (MMI), Ustad Mohammad Fauzil Adhim, Ustad Muhammad Jazir, Asp.), Ustad Muzammil Hasballah (imam muda), Kang Puji, ustad Salman Al-Jugjawi, tim Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia) dan pembicara-pembicara lainnya. 

Agenda Kampoeng Ramadhan Masjid Jogokariyan

Di jelang Ramadhan ada Benah-benah Rumah Jamaah, kegiatan yang dikhususkan untuk jamaah yang rumahnya kurang layak dan sehat ini, Masjid membenahi dan mensehatkan rumah mereka untuk sambut Ramadhan. 

Tiap sorenya diadakan pengajian dan buka bersama, yang disiapkan jamuan buka hingga 2300 porsi lebih tiap harinya. Dananya dari jamaah Masjid Jogokariyan dan donasi dari luar, Alhamdulillah tiap tahun mencukupi, malah bisa sisa dan bisa untuk membantu penyelenggaraan buka bersama di 130-an Masjid binaan. 

Pemberian Subsidi Sahur paket sembako untuk 350-an jamaah yang kurang mampu.

Untuk memberi solusi jamaah yang biasanya mencari nafkah dengan berdagang makan dipagi hari, Masjid buatkan acara Pasar Sore yang diikuti 200 pedagang lebih, lapak-lapak digelar disepanjang Jalan Jogokariyan, omsetnya alhamdulillah Milyaran Rupiah.

Dan masih banyak event-event dakwah yang diselenggarakan dalam acara Kampoeng Ramadhan ini tiap harinya untuk mensyiarkan Ramadhan. 

Yang menarik, hajatan dakwah yang putaran uangnya hingga 1 Milyaran ini kepanitiaanya dipelopori oleh Remaja Masjid. Takmir mensupport dana pinjaman awal untuk modal kegiatan 25 jutaan. Dan itu sifatnya pinjaman, nanti kalau akhir ramadhan ada sisa dana, panitia KRJ akan mengembalikan modal awal tsb. Menariknya lagi Kas di bendahara Takmir pada awal Ramadhan tidak hanya Nol tapi sampai minus. 

Karena komitmennya, bahwa dana yang ada di kas Masjid itu adalah amanah Jama'ah yang harus diputar untuk pelayanan ibadah dan dakwah. Maka harus dioptimalkan untuk program-program dakwah, baik sifatnya ibadah wajib hingga ibadah sosial. 

Alhamdulillahnya, walau awal Ramadhan kas Masjid hingga minus, tapi dipenghujung Ramadhan uang yang terhimpun, baik dari donasi maupun sponsor bisa 1 Milyar lebih. 

Subscribe to receive free email updates: